Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas : X
Semester : II
Pertemuan : 7
Standar Kompetensi : (Susila) Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala
Kompetensi Dasar : Mengurainan pengertian Triguna dan Dasa Mala, menjelaskan bagian-bagian Triguna dan Dasamala, mengidentifikasi pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia.
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
Indikator : a. Menyebutkan pengertian dan bagian-bagian Triguna dan Dasa Mala.
b. Menguraikan makna Triguna dan Dasa Mala Membedakan bagian-bagian Triguna dan Dasamala.
c. Memberi contoh bagian-bagian Triguna dan Dasamala.
d. Menyebutkan tanda-tanda pengaruh Triguna dan Dasamala.
e. Memberi alasan tentang pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia
Materi Pokok : a. Pengertian dan makna Triguna.
b. Pengertian dan makna Dasamala
c. Perbedaan bagian-bagian Triguna.
d. Perbedaan bagian-bagian dasamala
e. Pengaruh Triguna dan Dasamala terhadap kepribadian manusia.
Pendekatan : - Dilihat dari proses (Siswa Aktip)
- Dilihat dari materi (Contextual Teaching and learning(CTL)
Strategi : - Pembelajaran dengan pemberian materi
- Pembelajaran dengan kerjasama kelompok
Metode : - Ceramah
- Diskusi
Langkah-langkah :
A. Kegiatan Awal (10’)
- Siswa diajak berdoa Trisandhya
- Guru menginformasikan kompetensi dasar, indicator dan deskripsi metode belajar yang akan diterapkan.
- Siswa menanggapi permasalahan atau wacana yang telah disiapkan guru, sehubungan dengan materi yang akan dipejari
- Prites untuk penjajagan
B. Kegiatan Inti (60’)
1. Guru menguraikan materi pelajaran
2. Guru memberi pengarahan/penguatan/arahan
C. Penutup (20’)
1. Siswa diajak untuk menyimpulkan hasil belajar (sesuai indicator) ± 5’
2. Refleksi dikaitkan dilapangan ± 3’
3. Posttest ± 10’
4. Tugas ± 2’
Sumber dan Media Belajar
- Sumber Belajar : (segala sumber yang dapat digunakan siswa agar terjadi perilaku belajar seperti: pesan, orang, bahan, alat, teknik/prosedur, dan latar)
Buku :
- Ida Bagus Sudirga, dkk (2004), Widya Dharma Agama Hindu, pelajaran Agama Hindu, Penerbit: Ganeca Exact, Jakarta
- Ida Bagus Sudirga, dkk (2007), Widya Dharma Agama Hindu, Pelajaran Agama Hindu, Penerbit: Ganeca Exact, Jakarta
- Tim Penyusun (2007) Widya Upadesa Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas X, Penerbit: Paramita, Surabaya
- G. Pudja (1999) Bhagawadgita, Penerbit: Paramita, Surabaya
- I Nyoman Kanjeng, dkk (1999) Saracamuscaya, Penerbit: Paramita, Surabaya
- G. Pudja Tjokorda Rai Sudarta (2002) Manawa Dharmasastra, Penerbit: CV. Felita Nursatama Lestari, Jakarta.
- Media Belajar : segala sesuatu yang direncanakan dan digunakan untuk mengirim pesan kepada penerima secara efektif sehingga memiliki daya retensi tinggi
Penilaian:
a. Tes lisan
b. Tes tertulis
c. Tugas
Kepala SMA Negeri 1 Seputih Mataram Hj. Nurlina, S. Pd., M. M. Pd NIP. 19640414 199002 2 002 | Seputih Mataram, 12 Juli 2010 Guru Mata Pelajaran I Ketut Darma Wijaksana, S. Ag NIP. 19840711 200902 1 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas : X
Semester : II
Pertemuan : 8
Standar Kompetensi : (Susila) Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala
Kompetensi Dasar : Menunjukkan contoh-contoh prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala dan melakukan upaya-upaya untuk menghindari pengaruh Dasamala.
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Indikator : a. Menggolongkan prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala.
b. Menyajikan daftar/bagan prilaku yang dipengaruhi Triguna dan Dasamala
No comments:
Post a Comment