Saturday 1 February 2014

Buah Yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes Mellitus

Buah Yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Ladang Informasi - Sumber Referensi : Seorang penderita diabetes harus berhati-hati dan selalu menjaga apa yang dimakannya, termasuk juga buah.
Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus
Fruktosa adalah merupakan salah satu bentuk gula dalam buah-buahan yang diketahui memiliki dampak negatif pada penderita diabetes, juga bagi seseorang dengan berat badan berlebih. Jadi, buah apa saja yang tetap aman untuk dikonsumsi penderita diabetes?
Seperti yang pernah dilansir Times of India, berikut ini adalah 10 buah yang tetap bisa dikonsumsi dan aman bagi pasien diabetes:


1. Apel

Ketika mengonsumsi apel, hindari mengupas kulitnya. Jangan lupa, cucilah terlebih dahulu agar lilin yang ada di kulit apel hilang. Makanlah sebuah apel beserta kulitnya sebab kulit apel justru kaya akan anti-oksidan. Selain itu, apel merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik.

2. Aprikot

Buah aprikot mempunyai kandungan serat yang tinggi dan juga kaya akan vitamin A, namun rendah akan karbohidrat. Buah ini merupakan pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Mulailah untuk memasukkan 1 buah aprikot dalam menu harian Anda.

3. Beri (Cranberi, Raspberi, Bluberi)

Berbagai macam beri mengandung anti-oksidan yang sangat baik. Selain itu, beri mengandung serat, rendah karbohidrat, dan berbagai vitamin. Mengonsumsi tiga perempat cangkir buah beri cukup untuk menu per hari.

4. Ceri

Ceri mempunyai kandungan anti-oksidan. Selain itu, buah ceri juga rendah karbohidrat dan glikemik. Disarankan untuk mengonsumsi 12 buah ceri per hari.

5. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Buah jeruk juga rendah karbohidrat dan mengandung kalium.

6. Jeruk Bali

Jeruk Bali merupakan salah satu jenis jeruk dengan rasa manis, asam dan segar. Buah ini merupakan pilihan sehat untuk penderita diabetes. Dianjurkan untuk mengonsumsi setengah jeruk bali dalam sehari.

7. Kiwi

Kiwi merupakan sumber yang baik bagi kalium, serat, dan vitamin C. Buah kiwi juga mengandung karbohidrat yang rendah, di mana sangat baik bagi penderita diabetes. Disarankan untuk mengonsumsi 1 buah kiwi per hari untuk menjaga kesehatan Anda.

8. Melon dan Semangka

Melon dan semangka kaya akan vitamin B dan C, serta betakaroten, kalium dan likopen. Mengonsumsi sepotong melon setiap hari akan memberi Anda vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari.

9. Persik

Buah persik atau peach merupakan sumber yang baik untuk vitamin A dan C. Selain itu, buah persik juga rendah karbohidrat, kaya kalium, dan serat.

10. Pir

Buah pir kaya akan kalium, serat, dan juga rendah karbohidrat. Para ahli berpendapat bahwa buah pir harus menjadi bagian dari menu makan Anda sehari-hari.

Ladang Informasi - Sumber Referensi

No comments:

Post a Comment