Saturday 1 February 2014

Manfaat Buah Leci

Buah Leci

Buah Leci
Ladang Informasi - Sumber Referensi 2014 : Buah leci atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Litchi chinensis Sonn merupakan salah satu jenis buah tropis yang berasal dari daratan Cina. Buah leci mempunyai rasa asam bercampur manis yang menyegarkan.

Dalam setiap 100 gram buah leci terkandung vitamin C sebanyak 72 mg atau 40% lebih banyak dari buah jeruk. Mengonsumsi 9 buah leci bisa memenuhi kebutuhan harian orang dewasa akan vitamin C.

Selain rasanya yang menyegarkan, buah leci juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah leci yang cukup tinggi bisa membantu menyeimbangkan jumlah hemoglobin di dalam darah dan mencegah anemia.

2. Membantu Menurunkan Hipertensi

Buah leci mengandung kalium atau disebut juga dengan potasium yang cukup tinggi. Fungsi kalium adalah untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung. Kalium juga bagus untuk mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh. Selain itu, buah leci juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3. Antioksidan

Buah leci mengandung oligonol, antioksidan yang mampu memerangi virus flu. Antioksidan tersebut juga dipercaya ampuh melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UVmatahari.

4. Mencegah Kanker

Mengonsumsi buah leci bisa membantu mencegah Anda dari terkena kanker. Antioksidan yang ada pada buah leci bisa mencegah pertumbuhan sel kanker khususnya untuk kanker payudara dan prostat.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah leci. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan kandungan HDL atau kolesterol baik dan juga melancarkan peredaran darah ke Jantung.

6. Memperlancar Pencernaan

Makan buah leci juga bisa menekan nafsu makan, membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memperlancar pencernaan.

Ladang Informasi - Sumber Referensi 2014 :
Enhanced by Zemanta

No comments:

Post a Comment