Saturday 1 February 2014

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang

buah pisang
Buah Pisang
Ladang Informasi - Sumber Referensi 2014 : Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling mudah kita peroleh. Hampir semua toko buah selalu menyertakan pisang sebagai salah satu barang dagangan yang dijualnya.
Buah pisang selain rasanya yang enak dan murah harganya juga mempunyai banyak manfaat. Buah pisang mengandung banyak vitamin A, B1, C, serta protein khususnya untuk kaum pria. Selain dari buah pisang, kandungan manfaat seperti itu juga bisa ditemukan pada sayuran hijau, kacang polong, serta susu dan ikan salmon.
Ada banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan, di antaranya:

1. Baik untuk pencernaan

Kandungan serat dan karbohidrat buah pisang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Sementara kandungan pektin pada buah pisang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Selain itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah kekambuhan penyakit maag. Rutin makan pisang juga bisa membantu mengurangi risiko kanker lambung.
Nah, jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah untuk menambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

2. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat sehat dalam buah pisang berperan membantu meningkatkan energi. Makan pisang saat sarapan atau setelah latihan yang berat bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan energi tanpa harus mengonsumsi minuman manis.

3. Sumber kalium terbaik

Kandungan potasium pada buah pisang memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang suntuk. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh manusia. Dengan makan pisang, kita bisa membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan oleh stres.

4. Menurunkan tekanan darah

Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

5. Meningkatkan fungsi ginjal

Selain menenangkan, potasium juga memiliki efek samping yang baik untuk ginjal. Tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin saat tubuh mendapatkan cukup potasium. Kondisi ini akan membuat ginjal Anda tetap berfungsi baik, di samping juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

6. Menguatkan tulang

Kandungan fructooligosaccharide pada buah pisang memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Dengan mengonsumsi buah pisang maka akan membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda dengan tulang yang kuat. Bahkan, kandungan potasium pada pisang juga bisa membantu mencegah hilangnya kalsium, yang berarti bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.

7. Memengaruhi mood

Kandungan triptofan, senyawa asam amino membantu tubuh memproduksi serotonin. Neurotransmiter ini membantu Anda untuk merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami.

8. Sumber gizi untuk ibu hamil

Kandungan asam folat yang tinggi pada buah pisang penting untuk kesempurnaan janin. Oleh karena itu, wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang. Pisang akan membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat saat sang bayi lahir.
Untuk mendapatkan manfaat dari buah pisang secara maksimal, konsumsilah buah pisang tiga kali dalam sehari. Selain untuk membantu kesuburan untuk kaum pria, buah pisang juga kaya akan vitamin D yang ampuh untuk menjaga kesehatan tulang kita.
Tidak ada jenis atau kriteria khusus dari buah pisang untuk mendapatkan manfaat tersebut, yang terpenting dan perlu diperhatikan adalah soal kondisi dari buah pisang tersebut, apakah layak dimakan atau tidak.
Saat akan mengonsumsi buah pisang, pilihlah buah pisang yang kondisinya masih bagus, bukan yang terdapat warna hitam pada kulitnya sehingga bebas dari penyakit.

Ladang Informasi - Sumber Referensi 2014

No comments:

Post a Comment