Saturday 1 February 2014

Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes

Buah Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes Melitus

Menghindari Diabetes Mellitus atau Kencing Manis
Olahraga teratur menghindari Kencing Manis
Buah-buahan adalah makanan sehat dan bergizi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi karena sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mengonsumsi buah-buahan secara teratur bisa menjaga tubuh agar tetap sehat serta terhindar dari berbagai penyakit.
Walaupun begitu, adakalanya seseorang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, salah satunya adalah ketika seseorang mengalami masalah dengan gula darah. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

1. Mangga

Mangga bisa dikonsumsi secara langsung sebagai buah pencuci mulut, dibuat menjadi minuman jus yang menyegarkan maupun dibuat menjadi berbagai campuran makanan. Sayangnya, terlalu sering makan buah mangga bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berkepanjangan sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

2. Anggur

Buah anggur kaya akan kandungan nutrisi seperti serat, vitamin dan juga beberapa nutrisi penting lainnya. Selain itu, buah anggur juga memiliki kandungan kadar gula yang tinggi, sehingga sangat tidak baik bila dikonsumsi sebagai menu harian penderita diabetes. Hal ini juga karena dalam setiap 3 ons buah anggur terkandung 15 gram karbohidrat.

3. Nanas

Buah nanas juga termasuk buah yang lebih baik dihindari oleh penderita diabetes. Selain dikarenakan tingginya kadar gula, dalam secangkir kecil buah nanas bisa mengandung karbohidrat sekitar 20 gram, atau bahkan mungkin lebih.

4. Aprikot

Kandungan Glikemi Indeks (GI) atau kadar gula darah sekitar 57 mg/dL (milligram/deciliter) dalam buah aprikot menjadikan buah ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Terlebih lagi dalam setengah cangkir porsi jus apricot bisa mengandung sekitar 8 gram karbohidrat.

5. Pisang

Dalam setengah cangkir porsi jus pisang terkandung sekitar 15 gram karbohidrat , juga memiliki nilai kadar gula darah berkisar antara 46 sampai 70 mg/dL, sehingga penderita diabetes sebaiknya menghindari mengonsumsi buah pisang.

6. Semangka

Buah semangka rendah akan kandungan serat dan kalori, namun buah semangka memiliki nilai kadar gula darah sekitar 72 mg/dL. Walaupun buah semangka memiliki banyak kandungan vitamin A dan C, namun dalam setengah cangkir jus semangka dapat mengandung sekira 5 gram karbohidrat, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi pasien diabetes.

7. Pepaya

Selain tinggi karbohidrat dan kalori, buah pepaya mengandung kadar gula darah rata-rata sekira 59 mg/dL. Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi buah pepaya. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar tidak terjadi peningkatan gula darah.

No comments:

Post a Comment