MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO | KOMPETENSI | INDIKATOR | |
| | | |
1. | Menggunakan logika matematika | Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa | |
| dalam pemecahan masalah | premis. | |
| | Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan | |
| | majemuk atau pernyataan berkuantor. | |
2. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan | Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma. | |
| dengan aturan pangkat, akar dan | Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar | |
| logaritma, fungsi aljabar sederhana, | persamaan kuadrat. | |
| fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan | Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi | |
| grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi | kuadrat dengan menggunakan diskriminan. | |
| invers, sistem persamaan linear, | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan | |
| persamaan dan pertidaksamaan | dengan sistem persamaan linear. | |
| kuadrat, persamaan lingkaran dan | Menentukan persamaan lingkaran atau garis singgung | |
| garis singgungnya, | lingkaran. | |
| suku banyak, algoritma sisa dan | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
| | | |
| teorema pembagian, program linear, | teorema sisa atau teorema faktor. | |
| | | |
| matriks dan determinan, vektor, | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
| transformasi geometri dan | | |
| komposisi dua fungsi atau fungsi invers. | | |
| komposisinya, barisan dan deret, serta | | |
| Menyelesaikan masalah program linear. | | |
| mampu menggunakannya dalam | | |
| Menyelesaikan operasi matriks. | | |
| pemecahan masalah. | | |
| Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor | | |
| | | |
| | dengan syarat tertentu. | |
| | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan besar | |
| | sudut atau nilai perbandingan trigonometri sudut | |
| | antara dua vektor. | |
| | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
| | panjang proyeksi atau vektor proyeksi. | |
| | Menentukan bayangan titik atau kurva karena dua | |
| | transformasi atau lebih. | |
| | Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen | |
| | atau logaritma. | |
| | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
| | fungsi eksponen atau fungsi logaritma. | |
| | Menyelesaikan masalah deret aritmetika. | |
| | Menyelesaikan masalah deret geometri. | |
3. | Menentukan kedudukan, jarak dan | Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, | |
| besar sudut yang melibatkan titik, | garis dan bidang) di ruang dimensi tiga. | |
| garis, dan bidang dalam ruang. | | |
4. | Menggunakan perbandingan, fungsi, | Menyelesaikan masalah geometri dengan | |
| persamaan, identitas dan rumus | menggunakan aturan sinus atau kosinus. | |
| trigonometri dalam pemecahan | Menyelesaikan persamaan trigonometri. | |
| masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai | |
| | perbandingan trigonometri yang menggunakan rumus | |
| | jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen serta | |
| | jumlah dan selisih dua sudut. | |
5. | Memahami konsep limit, turunan dan | Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi | |
| integral dari fungsi aljabar dan fungsi | trigonometri. | |
| trigonometri, serta mampu | Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi. | |
| menerapkannya dalam pemecahan | Menentukan integral tak tentu dan integral tentu | |
| masalah. | fungsi aljabar dan fungsi trigonometri. | |
| | Menghitung luas daerah dan volume benda putar | |
| | dengan menggunakan integral. | |
6. | Mengolah, menyajikan dan | Menghitung ukuran pemusatan atau ukuran letak | |
| menafsirkan data, serta mampu | dari data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik. | |
| memahami kaidah pencacahan, | Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan | |
| permutasi, kombinasi, peluang | menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau | |
| kejadian dan mampu menerapkannya | kombinasi. | |
| dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan | |
| | peluang suatu kejadian. |
No comments:
Post a Comment