BAB IILANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
1. Landasan Teori
1.) Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. Pengertian Teknologi
Teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, techne yang berarti keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras.
Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem, organisasi, juga teknik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas, sehingga saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, dan bagaimana ia dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.
b. Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi
Teknologi informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
2.) Microsoft Excel
Ms. Excel adalah salah satu program aplikasi dari Ms. Office produksi perusahaan Microsoft, untuk mengolah angka.
3.) Pengertian Pointer
Pointer adalah penunjuk untuk mengolah dokumen pada Ms. Excel.
Perubahan bentuk-bentuk pointer pada Ms Excel :
1.
: Digunakan untuk mengeblok Cell:
: Digunakan untuk mengeblok Cell:
Letakkan pointer mouse di tengah cell dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.1. :
b. Klik, tahan dan geser ke Cell (drag) yang ingin di blok.
c. Lepas button mousenya.
2. : Digunakan untuk menduplikasi (COPY) isi Cell:
a.
Gambar 2.2. pointer copy |
Letakkan pointer mouse di pojok kanan bawah Cell dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.2. :
b. Klik, tahan dan geser (drag) ke Cell yang ingin di copy.
c. Lepas button mousenya.
3. : Digunakan untuk memindahkan (MOVE) isi Cell:
a.
Gambar 2.3. pointer move |
Letakkan pointer mouse di sisi atas, bawah, kiri atau kanan Cell dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.3. :
b. Klik, tahan dan geser (drag) ke Cell yang diinginkan.
c. Lepas button mousenya.
Jika ingin memindahkan beberapa Cell, blok dahulu Cellnya.
4. : Digunakan untuk melebarkan kolom (COLUMN)
a. Letakkan pointer mouse tepat digaris emisah antar kolom dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.4. :
b.
Gambar 2.4. pointer column |
c. Drag ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan
d. Lepas button mousenya
5. : Digunakan untuk melebarkan baris (ROW)
a.
Gambar 2.5.. pointer row |
b. Letakkan pointer mouse tepat digaris pemisah antar baris dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.5. :
c. Drag ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan
d. Lepas button mousenya
6. Cara mengeblok dengan menggunakan keyboard
a. Letakkan pointer di cell yang akan diblok.
b. Tekan tombol Shift di papan keyboard dan tahan.
c. Tekan tombol panah kanan (’) selangkah demi selangkah untuk mengeblok ke arah kanan, atau panah kiri (‘) untuk mengeblok ke arah kiri, atau panah atas (“) untuk mengeblok ke arah atas, atau panah bawah (”) untuk mengeblok ke arah bawah.
d. Lepas tombol Shiftnya.
4.) Model Pembelajaran Explicit Instruction
Langkah-langkah :
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
2. Kerangka Berfikir
Berbagai macam model pembelajaran yang diberikan oleh para ahli beserta teori-teori tentang model pembelajaran untuk para pengajar, disini Peneliti mengambil salah satu dari model pembelajaran yaitu Explicit Instruction.
Kenapa Peneliti menggunakan Explicit Instruction ?
1.) Karena siswa yang kurang akan fasilitas pembelajaran seperti minimnya komputer pada laboratorium sekolah, siswa jarang menggunakan atau mempraktikkan langsung program Ms Excel.
2.) Banyak sekali siswa kesulitan untuk memahami dan mengerti tentang perubahan bentuk-bentuk pointer pada Ms Excel. Meskipun sudah dijelaskan dan banyak mengerjakan latihan soal.
3.) Diharapakan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction, siswa dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengerti tentang perubahan bantuk-bentuk pointer pada Ms Excel.
4.) Diharapkan keadaan kelas dan siswa menjadi aktif dan antusias terhadap mata pelajaran TIK khususnya Ms Excel.
5.) Diharapakan juga antara siswa dengan siswa dapat bekerja sama satu sama lainnya dengan baik.
3. Hipotesis Penindakan
Melalui model pembelajaran Explicit Instruction siswa dapat memhami dan mengerti perubahan bentuk pointer Ms Excel bagi siswa kelas VIII MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta.
No comments:
Post a Comment